Minggu, 03 November 2013

Mengatasi Rambut Rontok

      Rambut rontok dan mudah patah merupakan salah satu masalah rambut yang paling sering ditemui. Kerontokan rambut sebenarnya adalah hal yang wajar karena rambut mempunyai siklus hidup dan akan digantikan dengan rambut yang baru. Namun yang menjadi masalah adalah ketika rambut yang rontok jauh lebih banyak dari jumlah rambut baru yang tumbuh. Tentu jika dibiarkan terus menerus, hal ini akan mengakibatkan rambut semakin menipis. Bahkan mengalami kebotakan. Normalnya, jumlah rambut yang rontok setip hari adalah 50-80 helai. Jika lebih dari itu, maka Anda harus waspada dan melakukan langkah pencegahan. Ketahui penyebabnya, lakukan perawatan dan pengobatan.




Penyebab Rambut Rontok

Kerontokan rambut bisa diakibatkan oleh beberapa hal. Diantaranya stres, kondisi hormonal, gaya hidup yang tidak sehat, kurangnya asupan nutrisi yang dibutuhkan rambut, hingga perawatan rambut yang salah. Rambut yang sering terkena paparan hair dryer, curly iron, catok, dengan sendirinya rentan terhadap kerontokan. Begitu juga dengan rambut yang kena paparan kosmetik rambut seperti pewarna, hair spray, mousse. Sementara itu gaya hidup tidak sehat, misalnya mengonsumsi makanan-makanan berminyak, goreng-gorengan juga dapat memicu kerontokan.

Tips Cara Merawat Rambut Rontok Jika Anda mendapati gejala rambut rontok yang lebih dari biasanya, segera lakukan langkah pencegahan dan perawatan rambut seperti berikut ini:
 1. Tidak Mengikat Kencang Rambut Hindari kebiasaan mengikat rambut dengan kencang, termasuk membuat cepol rambut dalam waktu yang lama. Ikatan rambut yang terlalu kencang dapat menarik akar rambut dan melemahkannya. Hindari juga memakai aksesoris rambut yang berat. 
2. Pakai Kondisioner Terlalu sering keramas sebenarnya tidak baik untuk rambut Anda. Minyak alami yang dihasilkan kulit kepala untuk melindungi helai rambut akan terkikis oleh shampo. Akan lebih baik jika Anda keramas 2 hari sekali dan selalu menggunakan kondisioner. Tujuan memakai kondisioner adalah mengurangi kusut pada rambut dan memudahkan proses menyisir rambut setelah keramas. 
3. Sisir Lebar Saat Basah Akan lebih baik jika Anda tidak menyisir rambut dalam kondisi basah.
Rambut yang basah memiliki akar yang lebih rapuh. Kalaupun Anda tidak ingin rambut kusut, pilih sisir dengan gigi jarang untuk menghindari kerontokan. Ingat juga untuk tidak menggosok rambut dengan keras saat mengeringkannya dengan handuk. Cukup tepuk-tepuk lembut hingga kelebihan air pada rambut berkurang. 4. Pakai Serum Pelindung Sering memakai catok atau hairdryer? Maka jangan pernah lupa untuk memakai serum rambut yang khusus diformulasikan sebagai pelindung rambut dari panas berbagai alat hair styling. Pemakaian serum juga diperlukan untuk melindungi rambut dari berbagai polusi dan efek buruk sinar matahari.
 5. Perawatan Minyak Alami Untuk mendapatkan rambut yang kuat, tidak mudah patah dan rontok, lakukan perawatan alami yang telah terbukti dari generasi ke generasi. Pemakaian minyak zaitun pada rambut, juga minyak kelapa atau minyak argan terbukti dapat membuat rambut lebih sehat, kuat dan berkilau. Lakukan perawatan ini sekali dalam seminggu dan buktikan hasilnya. Cara Mengobati Rambut Rontok Setelah melakukan langkah perawatan namun tidak berhasil, maka step selanjutnya adalah melakukan pengobatan.

Dan berikut ini beberapa cara mengobati rambut rontok dengan bahan alami: 
1. Santan kelapa Lumurkan rambut secara keseluruhan dengan santan, hingga ke kulit kepala.
 Pijat-pijat sedikit. Diamkan kurang lebih setengah jam. Setelahnya basuh dengan air hangat, kemudian keramaslah seperti biasa. Lakukan minimal 2 kali dalam seminggu.
 2. Buah semangka Saat mengonsumsi buah semangka, ingat, jangan buang kulitnya.
 Kulit semangka bermanfaat untuk rambut. Ambil bagian kulit semangka dan gosokkan pada kulit kepala. Diamkan dan tunggu selama 20 hingga 30 menit, agar meresap. Lebih baik lagi, dibiarkan semalaman, baru keramas keesokan harinya. Lakukan ini seminggu sekali.
 3. Kacang hijau Ambil secangkir kacang hijau,
kemudian rendamlah selama semalam. Setelah direndam semalam, saring dan ambil airnya. Oleskan air pada kulit kepala sambil memijat-mijat kulit kepala perlahan. Lakukan minimal seminggu 3 kali.
 4. Minyak zaitun dan madu Dalam satu wadah,
campurkan 5 sendok makan minyak zaitun dan 2 sendok makan madu, aduk jadi satu. Kemudian lumurkan campuran itu ke seluruh rambut. Balut kepala dengan shower cap, diamkan kurang lebih 15 menit. Baru kemudian bilas. Lakukan minimal sekali seminggu.

 5. Minyak kelapa Sebelum keramas,
oleskan minyak kelapa pada rambut secara keseluruhan, sambil memijat-mijat kulit kepala, sehingga minyak kelapa meresap. Biarkan selama 30 menit sampai 1 jam sebelum keramas. Setelah itu keramas seperti biasa. Merawat rambut sama seperti merawat wajah. Harus dilakukan secara rutin agar hasilnya memuaskan. Jangan pernah mengharapkan hasil yang instan kecuali Anda sedang memasak mie istan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar